Jurnal Eksplorasi Mancing ceria 4

Eksplorasi hari keempat sangat menyenangkan dan bikin deg-deg an, karena aku harus presentasi bersama Kelompok aku, yaitu Kelompok Banggai.

Pertama kali kami diskusi di breakout rooms di zoom eksplorasi ke tiga, kami tidak banyak bicara di breakout rooms karna bingung ingin mulai diskusinya dari mana, jadi kami memutuskan untuk berdiskusi di group whatsapp dan di zoom lain hari. 

Diskusi kami di mulai pada hari senin di sore hari, akhirnya menggunakan google meet karna zoom meet aku sudah abis waktunya hehe, lalu kami langsung mulai dengan pembagian menggunakan spinner, dan yang terpilih bisa memilih dua presentasi yang dia ingin bacakan saat presentasi, diskusi kami di google meet hanya sekitar tiga puluh menit an.

Hasil dari diskusi adalah pembagian pembaca, lalu yang menulis kata-katanya sendiri-sendiri, dan menggabungkan nya di canva yang manggar buat, tetapi yang isi canva nya sendiri-sendiri.

Aku berusaha membantu teman-teman ku jika ada kesulitan, dan aku cukup aktif di group karena banyak nanya sama mereka hehe.

Aku tidak banyak mengasih ide, cuma seperti ide untuk pembagian pembaca menggunakan spinner dan lainnya aku tidak tau karna lupa aku ngasih ide apa tidak.

Aku percaya dengan teman-teman tim ku, dan aku puas dengan hasil kerjasama nya, juga hasil presentasi nya.  

Alhamdulillah tidak ada konflik sama sekali, lalu agar kerja sama dan presentasi nya lebih baik mungkin semuanya harus lebih berani untuk memberi pendapat, karena saat diskusi kebanyakan diem nya hehe.


Total Pendapatan pertama Pulau Ende, Pulau Cubadak, Pulau Derawan, Pulau Banggai, dan terakhir Pulau Alor.

Pulau yang bisa tetap Memancing di tahun berikutnya ada Pulau Banggai dan Pulau Alor.

Pulau Cubadak, dan Derawan memang meraih cukup tinggi di pendapatan akan tetapi mereka tidak bisa memancing ikan lagi, karena ikan mereka sudah habis.

Pulau Ende masih bisa memancing lagi tetapi hanya selama satu tahun.


Sejujurnya yang dipikiran aku saat melihat data kesuluruhannya agak pusing ya, karena banyak banget angka dan namanya, tetapi  aku jadi paham bagaimana caranya menghitung saat memancing ikan, tapi yang kalo udah tau di tahun pertamanya ada berapa ikan hehe
lima kata kunci yaitu keberlanjutan, kesenangan, menghasilkan, kerjasama, perhitungan.

keberlanjutan: mencari cara untuk tetap ada keberlanjutan untuk memancing ikan
kesenangan: kesenangan yang menjadi penyemangat memancing
menghasilkan: cara agar tetap bisa menghasilkan banyak uang
kerjasama: keberhasilan selalu memerlukan kerjasama yang baik
perhitungan: memancing butuh perhitungan yang benar.

Comments

Popular Posts