Seru sekali Eksplorasi di Kampung Zuhud 2019

Eksplorasi 2019 ke Kampung Zuhud, Dusun Sukajadi, Desa Hegarmanah, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Di sana lah kami semua eksplorasi. Rasanya ini mimpi buatku

Di kereta

Kami berangkat naik kereta dari Stasiun Pasar Senen tanggal 10 November Jam 21.00 menuju Stasiun Tasikmalaya. Di kereta aku kalo gak salah tidurnya hanya 4 jam he he he karena aku keasikan ngobrol.

HARI PERTAMA
11 NOVEMBER 2019

Naik mobil bak untuk menuju lokasi

Kami sampai di Stasiun Tasikmalaya sekitar shubuh keesokan harinya. Kami shalat shubuh lalu kami naik mobil bak. Selama perjalanan menuju ke sana tidak membosankan. Anginnya kencang saat di jalan seru sekali karena sempat melewati jalan yang sedang diperbaiki jadi ya seru deh dan di sana udaranya segar dan nyaman. Suasananya pun sangat indah.

Alun Alun

Kami berhenti di Alun Alun. Kami di sana main benteng dan yang laki laki sempat main bola.

Bertemu Bapak Lurah dan Kepala Dusun Sukajadi

Disana kami ngobrol ngobrol

Mengelilingi Desa Sukajadi

Kami mengelilingi Desa Sukajadi untuk membuat Peta Desa Sukajadi

Peta Desa Sukajadi Grup Matahari (Kezia, Tisyara, dan Naura)

Setelah membuat peta, kami memasukkan ikan ke kolam ikan dari baskom. Ikan nya kayak lembek lembek gitu deh he he he. Seru bangett dan berlumpur gituu jadi makin seru.

Kolam ikan

Setelah seru-seru di kolam ikan, kami berjalan menuju sungai.

Perjalanan ke sungai atau ke dam

Jalanannya turunan sekali jadi sempat merosot merosot

Sungai atau dam

Di sana pada loncat dari jembatan tapi aku gak karena aku tidak bisa berenang he he he

Itu yang pada loncat dari jembatan

Setelah kami bermain air, mandi dan makan malam. Kami menuju rumah inang kami. Aku dan teman satu grup tinggal di satu rumah.

Perjalanan ke rumah inang

HARI KEDUA
12 NOVEMBER 2019

pertemuan pagi

Pagi diawali dengan kegiatan pertemuan dengan mentor untuk merencanakan kegiatan hari itu. Hari kedua ini kami mengikuti kegiatan inang kami seperti memasak dan mencuci piring, Saat malam kami bertemu dengan kakak mentor untuk evaluasi kegiatan hari itu.

Evaluasi Malam

HARI 3
13 NOVEMBER 2019

Hari ketiga dimulai dengan kegiatan membahas rencana dengan kakak mentor. Hari itu kami bertanya kepada penduduk mengenai fasilitas yang ada di desa. Oya kami sempat bertemu ular.

Hari itu kami juga bantu masak orang tua inang kami. Setelah itu kami menonton yang laki laki main bola.

Nonton yang laki laki main bola

Anak perempuan main bola

Yang perempuan sempat main bola juga tapi aku tidak ikut karena aku pulang sebentar ke rumah inang.

Saat malam hari, kami bertemu dengan kakak mentor untuk evaluasi kegiatan kami.

HARI 4
14 NOVEMBER 2019

Setiap hari kami selalu memulai hari dengan bertemu kakak mentor untuk membahas kegiatan kami hari itu. Pada hari keempat ini kami menanam pohon.

Aku di sana menanam pohon mangga harum manis dan jambu. Walau pun harus merosot merosot dulu tapi aku tidak menyesal karena kami bisa mendapat ilmu dan sesuatu yang belum kita ketahui. di sana adalah suatu pengalaman yang belum tentu kami bisa dapat di tempat lain.

pabrik sotong

Kami juga dapat pengalaman membuat sotong. Walaupun tempatnya sedikit jauh tapi kita bisa mendapat sesuatu pengalaman yang seru dan menyenangkan.

Disana kita juga belajar membuat angklung dan juga sempat diajarkan bermain angklung. Bunyinya merdu sekali membuat hati tenang.

kolam ikan

Di hari terakhir ini kami ke kolam ikan lagi untuk menangkap ikan. Katanya ada kerang yang bentuknya lonjong dan bisa bedarah kaki nya jadi harus hati hati. Seru banget nangkep ikan nya padahal aku udah ketakutan harus ke tengah kolam ikan nya ternyata biasa saja walau pun sempat teriak tapi itu ,menyenangkan sekali. Ikan ini untuk makan malam bersama orang desa di sana dan juga untuk kita dan para mentor.

hujan hujanan dan main lumpur

Setelah menangkap ikan selanjutnya giliran yang laki laki. Tetapi tiba tiba hujan deras sekali akhirnya kami yang perempuan memutuskan berlindung di toilet pas mau ke toilet. Ternyata atapnya terbuka. Akhirnya kami memutuskan masuk ke tempat sebelah rumah mentor. Tiba tiba yang laki laki main hujan hujanan. Alhirnya kami ikutan deh. Kami juga main lumpur bahkan salah satu kakak mentor ikutan. Senang sekali rasanya.

sendal gunung diselimuti tanah

Di sana hujan deras dua kali. Sandal gunung atau pun sepatu kita jadi berat dan tinggi. Alhamdulilah hujan karena sawah dan semacamnya lagi kering karena lagi musim kemarau. Alhamdulilah sekali hujan.

Malamnya kami makan sambil memandangi api unggun yang sangat panas. Seru sekali dan setiap grup pentas di depan warga desa. Ada yang sulap, ada yang nyanyi, ada juga yang drama. Di grup aku, grup matahari kami tampilkan drama. Di sana ramai sekali jadi saat drama aku rasanya mau ketawa terus. Sempat ada dialog yang salah sih he he he. Di kampung zuhud menurutku aku jadi lebih percaya diri dan tidak malu malu seperti biasanya.

Api unggun dan antrian ngambil makan he he he

Pentas Drama

Di sana pokoknya happy terus. Kami cerita cerita ketawa ketawa sendiri. Kami juga mendapat pengalaman masaknya pakai kayu bakar. Seru deh gak nyesel pokoknya ke sana. Di sana kami mendapat banyak pelajaran

HARI 5
15 NOVEMBER 2019

Ini keluarga inang kami,  Pak Komar, Bu Yani dan Kak Sari

Pak Komar, Bu Yani dan kak Sari sangat baik kepada kami. Rumahnya sangat nyaman. Kami senang sekali tinggal bersama Pak komar, Bu yani dan Kak Sari yang baru saja selesai kuliah di jakarta. Pak komar bekerja sebagai petani hanya saja sawahnya sedang kering jadi sementara waktu tidak bertani. Di sana kami dapat banyak sekali ilmu dari mereka

Kumpul terakhir di Terminal Kampung Rambutan Jakarta

Sangat tidak terasa, kami sudah empat hari di sana. Kami pamitan dengan Pak Komar Bu yani dan kak sari. Kami ke rumah ambu untuk sarapan pagi sebelum kita naik bis metromini untuk ke pullbis Budiman. Sesampainya di pullbis, kami naik bis untuk pulang ke jakarta. Kami diberi sotong oleh kakak mentor untuk di bawa pulang sebagai oleh oleh. Ditengah perjalanan kami turun dulu di rest area untuk ke toilet dan shalat. Perjalanan kami ke jakarta cukup lama, sekitar 9 jam 20 menit. Kami sampai di jakarta pukul 17:20.  Kami berkumpul sebentar, berdoa lalu bersalaman dengan kak mentor. Aku pulang dijemput mama dan kakakku.

TERIMA KASIH KAKAK MENTOR SUDAH MENEMANI KITA DI SANA
SELAMA EKSPLORASI 5 HARI 2019

#kluboase
#pramukaoase
#eksplorasi2019
#kampungzuhud

di tulis oleh naura izzati utomo: